Apa Itu Hazard?

Hazard atau bahaya adalah situasi yang atau kondisi yang bisa menimbulkan kecelakaan atau kerugian barang atau kombinasi dari keduanya. Potensi bahaya selalu ada di dalam suatu pekerjaan yang kita lakukan, Oleh sebab itu kita perlu mengenali bahaya yang timbul dan menurunkan sekecil mungkin resiko dari bahaya tersebut.

Bahaya yang timbul bisa kita indentifikasi dan turunkan resiko nya dengan beberapa cara antara lain dengan pembuatan JSA ( Job Safety Analysis ) dan Hazob ( Hazard Observation ), Bisa juga kita menggunakan Observasi Card atau STOP card apabila kita melihat suatu pekerjaan itu sedang berlangsung.



Bahaya didalam suatu pekerjaan selalu mengintai kita kalau kita tidak berhati-hati dalam melihat kondisi dan pekerjaan kita maka kecelakaanlah yang akan menimpa kita, Sebelum melakukan perkejaan ada baiknya anda melakukan hal-hal sebagai berikut :
  1. Kuasai pekerjaan yang akan dilakukan
  2. Turunkan faktor resiko
  3. Identifikasi bahaya yang akan timbul
  4. Lakukan pencegahan dan tindakan untuk kemungkinan bahaya
  5. Komunikasi antar team 
  6. Saling mengingatkan tentang kondisi dan posisi yang berbahaya


Dengan saling mengingatkan tentang keselamatan dalam bekerja adalah salah satu kunci untuk sukses melakukan pekerjaan dengan selamat tanpa kecelakaan. Kerja selamat adalah kunci utama dalam melakukan pekerjaan. Pemakaian APD yang benar juga sangat diperlukan baca juga artikel kami tentang Alat Pelindung Diri disini.

Perlunya identifikasi bahaya dan faktor resiko dari suatu pekerjaan sangatlah penting karena para pekerja diharapkan "DATANG DENGAN SEMANGAT PULANG DENGAN SELAMAT"

Untuk mendownload Prosedur Identifikasi bahaya silahkan klik dan unduh disini.